Kamis, 02 April 2009

Penetasan Telur Bebek Pak Yasirli Karang Randu Pecangaan Jepara




Mesin penetas Telur Bebek ukuran ( 0,6 x 2,4 x 0,4 ) m3 ; dibagi menjadi 2 ruangan yang tiap ruangannya dipanaskan dengan bolam 10 watt - sebanyak 8 bolam/ruangan jadi ada 16 bolam per mesin tetas . Tiap mesin tetas muat 2x150 butir = 300 butir dengan masa tetas 28 hari; keberhasilan 75% , jadi tiap 900 butir telur, yang jadi 600 butir ( masih perlu modifikasi mesin tetas, untuk meningkatkan keberhasilan penetasan ). Terlihat Kandang Pembesaran Bebek dengan lantai tanah asli dengan dijaga agar selalu kering. Untuk Mereduksi Bau kotoran yang tadinya mengganggu tetangga, dilakukan Cara : 1. Makanan dicampur cairan penghilang bau yang dicampurkan ke makanan bebek, 2. Kandang selalu dijaga kekeringannya dengan memindahkan air minum portable 2x sehari, agar sekitar tempat minum bisa mengering. Diatur dengan luas kandang ( 5 x 6 ) m2 hanya dihuni 100 bebek ( tidak lebih ) agar kotoran tidak terlalu banyak sehingga tidak sempat kering .Kotoran di dalam kandang tidak dibersihkan/dibuang, (ada yang sampai bertahun-tahun) tapi dijaga agar tetap kering. Pak Yasirli sudah puluhan tahun ternak bebek di dekat pemukiman, sekarang sudah tidak ada tetangga yang protes lagi, dengan pembesaran 600 ekor bebek di rumahnya, sungguh tidak bisa dipercaya kalau bau yang dihasilkan hanya seperti bau poer pakan bebeknya sendiri ! 3. Pakan Bebek agar tidak bau, tidak memakai ikan segar ,tapi pakai tepung ikan kering .Berat bebek yang siap bertelur adalah 1,3 kg/ekor , harga per bulan Maret 2009 adalah Rp 28.000,-/ekor; sedang harga bibit bebek umur 3 hari adalah Rp 5.500,-/ekor; franco Pecangaan Jepara. Sharing Informasi hubungi Haryo W Pangarso di : haryowpir@gmail.com.

15 komentar:

  1. Assalamualaikum
    Salam sukses ya Pak Haryo..
    Saya juga punya ternak tapi enthog. Selain ternak saya juga main didagangnya. Tetapi saya masih banyak mengalami masalah dipeternakannya. Kemarin bulan mei sampai akhir juni mengalami masalah yg besar, ternak enthog saya mati sekitar 150 ekor. Tetapi Alhamdulillah sekarang enthog saya sehat semua.
    Apa Pak Haryn juga main diperdagangannya?

    BalasHapus
  2. mau nanya pak,misalnya dari 200telur bebek di tetaskan dg mesin tetas bisa jadi berapa?
    spesifikasi panjang lebar tinggi mesin tetas berapa kali berapa?
    jarak lampu ke telur berpengruh tidak?
    tolong di jawab via email : fajri.rgl@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  3. mau tanya pak,saya ingin beternak bebek,tetapi harga telurnya berapa pak?
    munir.hysteria.9@gmail.com

    BalasHapus
  4. saya membutuhkan supplies entok jumlah banyak dan rutin, posisi saya di jawa tengah
    silahkan hubungi saya 087832333301

    BalasHapus
  5. saya ingin sekali usaha penetasan telor bebek ada yang bisa memberi informasi dan pengarahan kah, saya tinggal di cimahi, no hp 081333797888

    BalasHapus
  6. mungkinkah DOD/merinya dari margomulyo tayu pati
    BILA KEKURANGAN ORDER yarji

    BalasHapus
  7. Mohon banguannya bagai mana cara menghilangkan bau pada kotoran bebek, apa obatnya? dimana saya harus beli...

    BalasHapus
  8. Daniel - Keling, Jepara
    Berapa nomor HP yg bisa dihubungi??
    Saya ingin beli meri bebek Mojosari / hibrida, tapi tidak tau siapa di sekitar Pati - Jepara yang bisa dihubungi. Mohon bantuannya. Trims.

    BalasHapus
  9. Boy - Pakem, Pati
    saya sudah mencoba usaha penetasan telur bebek tapi gagal total,skrg saya coba lagi seandainya gagal. saya harus belajar kmn? ini nmr hp saya 08157763930

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli telurnya hrs yg ada bibitnya, sy menyediakan telur bebek yg sdh indukan harga Rp. 2.000,- per biiji. jual pula meri jantan dan betina, telur asin mentah dan matang, bisa hub. 082133736977 atau 08156968147

      Hapus
  10. tanya pa ..dimananya tempat beli dod entok. tapi kalau bisa yang bisa partai kecil dulu..ceritaku78@gmail.com

    BalasHapus
  11. kalau penetas telur ayam ada nggak..??

    BalasHapus
  12. harga telur bebek per butirnya berapa njeh pak? saya berminat untuk beli dari bapak..suwun

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum,saya ingin ternak bebek petelur kecil kecilan.gimana harus beli bibitnya dan berapa per ekornya.asli Jepara .matur suwun

    BalasHapus